Uji Kompotennsi

 Nama : Syifa Noferisya

Kelas  : XII MIPA 7

Sekolah : SMA Negeri 1 Bekasi

Mata Pelajaran : Informatika

Guru Pengajar : Hj. Deswati S.Kom, M.Pd


Uji Kompetensi Computional Thinking

A. Pilihan Ganda

    1. B. Al Khawarizini

    2. B. Desain grafis

    3. A. 1=

    4. C. Print

    5. B. Belah Ketupat

    6. B. Bilangan Terbesar A

    7. A. x is positive

    8. B. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil

    9. C. for (i=1;<=100;i++) Output ("nilai",1)

    10. B. = if then


B. Essay

Soal:

    1. Apa definisi algoritma dan contohnya!

    2. Apa definisi pseudocode dan contohnya!

    3. Apa definisi flowchart dan contohnya!

    4. Jelaskan dengan contoh kasus algoritma yang memiliki struktur runtunan!

    5. Jelaskan dengan contoh kasus algoritma yang memiliki struktur perulangan!

Jawab:

    1. Algoritma adalah langkah-langkah atau proses logis yang tersusun secara sistematis untuk memecahkan suatu permasalahan. algoritma digunakan untuk menjabarkan proses untuk mencapai tujuan tertentu.

        Contoh Algoritma: Mngehitung keliling lingkaran

        1) Mulai

        2) Menetapkan nilai phi = 3,14

        3) Menghitung jari jari lingkaran

        4) Rumus untuk menghitung keliling lingkaran yaitu K = 2*phi*r

        5) Nilai K (keliling lingkaran) akan dicetak sebagai output ke perangkat putput

        6) Selesai


    2. Pseudocode adalah gaya dalam menulis kode pemograman secara sederhana. Dalam pseudocode, tidak ada aturan yang spesifik mengenai bagaimana cara penulisannya. Jadi kita bisa dengan beban menggunakannya.

        Contoh Pseudocode : Menghitung luas segitiga

        program hitung_luas_segitiga

        deklarasi

        var luas, alas, tinggi:integer;

        algoritma:

        alas ← 25

        tinggi ← 30;

        luas ← ½*alas*tinggi

        write


    3. Flowchart adalah bagan alur atau diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan sebuah proses dari suatu program.

        Contoh Flowchart : Cara menyalakan komputer


    4. Proses yang dilakukan secara beruntun dan langkah 1 sampai langkah N/akhir. Misal pada Flowchart :
"Menentukan harga yang harus dibayar"
        1) Mulai
        2) Masukkan harga mangga per kg
        3) Masukkan berat pembelian
        4) Kalikan harga dengan berat, simpan sebagai harga yang harus dibayar pembeli
        5) Tampilkan nilai bayar
        6) Selesai

    5. Kasus Algoritma yang memiliki sturktur perulangan :
        a. For
            1) Mulai
            2) Inisialisasi nilai awal i=1
            3) Cek kondisi apakah nilai i <= 10 jika kondisi bernilai benar maka cetak kalimat "belajar perulangan for"
            4) Nilai i dilakukan increment (ditambahkan 1)
            5) Cek kondisi kembali apakah nilai i ⟸ 10 jika kondisi benar maka bernilai benar maka cetak kembali kalimat "belajar perulangan for"
            6) Iterasi terus dilakukan hingga kondisi bernilai salah
            7) Selesai

        b. While
            1) Mulai 
            2) Inisialisasi nilai awal i=1
            3) Cek kondisi apakah nilai i <= 10 jika kondisi bernilai benar maka cetak kalimat "belajar perulangan while"
            4) Nilai i dilakukan increment (ditambahkan 1)
            5) Cek kondisi kembali apakah nilai i ⟸ 10 jika kondisi benar maka bernilai benar maka cetak kembali kalimat "belajar perulangan while"
            6) Iterasi terus dilakukan hingga kondisi bernilai salah
            7) Selesai

Komentar